Plt. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, saat memberikan Sambutan pada Kegiatan Pembinaan Pos KB Desa se Kabupaten Karawang

Salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, adalah terwujudnya keberdayaan masyarakat dalam menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan hidupnya, baik sebagai individu, keluarga maupun masyarakat. Program KB menjadi program andalan yang harus mendapatkan dukungan seluruh elemen masyarakat dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang potensial melalui pendekatan keluarga yang berkualitas, baik dari aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya,  maupun aspek lainnya, Demikian ujar Plt. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana pada acara Pembinaan Pos KB Desa se Kab. Karawang pada Rabu (7/10) bertempat di Aula Kampung Budaya yang diselenggarakan oleh BKBPP Kab Karawang.
Selanjutnya Plt. Bupati Karawang menyampaikan bahwa Program KB di Kabupaten Karawang sendiri, dari tahun ke tahun sudah menunjukkan keberhasilan. Demikian halnya dengan keberhasilan penyelenggaraan pembangunan kesehatan yang pada prinsipnya memiliki keterkaitan erat dengan keberhasilan penyelenggaraan program Keluarga Berencana, maka peningkatan pelayanan kesehatan terhadap segenap elemen masyarakat, sudah merupakan suatu keharusan sebagai pendukung utama keberhasilan pembangunan daerah secara menyeluruh.
Lebih lanjut dr. Cellica juga menjelaskan orientasi pembangunan Pemerintah Kabupaten Karawang saat ini difokuskan pada program Kelurga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP), khususnya dalam upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan, melalui promosi perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas, baik secara fisik material maupun mental spiritual, karena keberhasilan pembangunan fisik material tanpa diimbangi dengan pembangunan mental spiritual dikhawatirkan akan melahirkan kehidupan yang sekuler, pribadi-pribadi yang hampa dari makna dan tujuan kehidupan berbangsa sebagaimana yang termaktub dalam nilai-nilai falsafah Pancasila.
Terakhir, dr. Cellica juga berpesan kepada seluruh peserta pembinaan agar mendukung pelaksanaan Program KB dengan memperkuat komitmen dalam mewujudkan Pelayanan KB bagi keluarga pra KS, memantapkan kelembagaan pengelolaan program KB di tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan serta memanfaatkan dukungan dana, sarana dan metode operasional Program KB di Kabupaten Karawang, Pos KB Desa adalah garda terdepan untuk pelayan yang paling dekat dengan masyarakat. Dan juga memiliki komitmen untuk menerapkan delapan Fungsi Keluarga. Fungsi-fungsi keluarga tersebut seperti fungsi edukasi, fungsi Ekologi dan fungsi Ekonomi, fungsi Agama, fungsi kasih sayang,fungsi reproduksi, fungsi sosial budaya dan pada acara ini fungsi yang di terapkan fungsi pelestarian Lingkungan dengan menerapkan gemar berkebun. ( Iki )