Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan, saat menyematkan tanda peserta kepada Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana dalam kegiatan Diklat Angkatan II Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2016

Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana beserta 101 Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih, hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2015 mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Angkatan II Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan. Kegiatan pembekalan atau penataran tersebut dilaksanakan di Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Jakarta, Kamis (26/5). "Saya apresiasi sekali penataran ini. Suatu langkah strategis," kata Luhut dalam sambutannya.
Beliau berharap, Pemimpin Daerah dapat mempunyai Visi yang sama dengan Pemerintah Pusat. "Kita harus samakan Visi kita, harus paham maunya pemerintah apa. Kalau tidak, maka akan jalan sendiri-sendiri," imbuhnya.
Turut hadir dalam pembukaan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, serta sejumlah Direktur Jenderal di lingkungan Kemdagri,  diantaranya ; Dirjen Otonomi Daerah Sumarsono, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Soedarmo serta Dirjen Bina Keuangan Daerah Reydonyzar Moenek.
Sementara itu, Kepala BPSDM Teguh Setiabudi menjelaskan, bahwa pembekalan perlu dilaksanakan agar pemahaman Kepala Daerah dan Wakil terkait Pemerintahan Dalam Negeri menjadi komprehensif. Kegiatan Diklat Angkatan II ini diikuti oleh 102 orang peserta, berlangsung hingga 28 Mei 2016.
"Adapun materi yang disampaikan secara garis besar mencakup bidang politik, hukum, keamanan, program priotas pemerintah pada bidang pendidikan, kesehatan, Gerakan Revolusi Mental, daya saing serta inovasi," paparnya. (@opa).