Disdikpora Kabupaten Karawang menggelar Invitasi Olahraga Tradisional Tingkat Kab. Karawang Tahun 2017

Guna mengeksiskan kembali Invitasi Olahraga Tradisional yang kian hari mulai tergeser keberadaannya dengan permainan modern, dan juga selain sebagai ajang hiburan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan untuk turut melestarikan budaya sunda. 

Atas dasar itu semua, Disdikpora Kabupaten Karawang menggelar Invitasi Olahraga Tingkat Kab. Karawang Tahun 2017, pada Rabu (19/07) bertempat di Halaman Depan Stadion Singaperbangsa Karawang, dan dibuka secara langsung oleh Kadisdikpora Kab. Karawang  Drs. Dadan Sugardan.M.Pd.

Dalam sambutannya Kadisdikpora menyampaikan, sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa kegiatan tersebut memiliki maksud dan tujuan yang sangat luhur, tidak hanya dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat saja, melainkan turut ditujukan untuk memelihara dan mewariskan permainan olahraga tradisional sebagai bagian dari budaya bangsa yang kita cintai di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Karawang masih terdapat banyak sekali warisan budaya berupa permainan olahraga tradisional yang sangat beragam. Permainan tersebut sarat dengan ajaran ajaran luhur seperti menempa kesabaran dan keterampilan serta mengajarkan kita akan pentingnya kerjasama untuk meraih dalam mewujudkan sesuatu.

Selanjutnya Kadisdikpora menginformasikan bahwa  digelarnya Invitasi Olahraga tersebut adalah komitmen dari Disdikpora Kab Karawang untuk terus meletarikan olahraga Tradisional, kepada anak-anak yang hadir pada saat ini, juga diharapkan dapat menyenangi olahraga tradisional, karena hal tersebut merupakan kewajiban kita semua untuk melestarikan budaya.

Kemudian Kadisdikpora berpesan, prestasi anak-anak yang di dapat di tingkat Kabupaten,  perlu ditingkatkan hingga di tingkat Provinsi maupun Nasional. Oleh karena itu dalam kesempatan ini, Saya berharap kepada anak-anakku sekalian yang akan bertanding, untuk dapat menunjukan kemampuan yang terbaik dan berprestasi maksimal dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas dan semangat persaudaraan. Disdikpora ialah OPD yang memiliki program jangka panjang yang tidak dapat dilihat hasilnya secara langsung seperti mendidik anak, akan terlihat setelah dewasa nanti, tidak seperti Infrastruktur yang tiap pengerjaan ada bentuk fisik langsung terlihat kualitasnya, yang mendidik tersebut ialah guru, maka dari itu kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang ada di Kabupaten Karawang yang selalu terus membina generasi penerus, untuk dapat berkotribusi memajukan Kabupaten Karawang”, ujarnya.

Hasil dari Gelaran Invitasi Olahraga tersebut, bagi yang berprestasi disiapkan untuk ke jenjang lebih atas yakni tingkat Provinsi maupun  Nasional. Ada empat macam Invitasi Olahraga, yakni Hadang yang bahasa dahulu biasa di sebut Galah,  kemudian Gadongan, Engrang yang menggunakan bambu,  tarompah panjang, serta satu nomor seleksi yaitu sumpit.  Untuk jumlah peserta terdiri dari 600 atlet dari 30 UPTD Pendidikan Kecamatan ,  hadir pula Kepala UPTD Paud SD Se Kabupaten Karawang sebagai official untuk membawa atlet dari pelajar di masing masing daerahnya(@opa)