img
  • SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H, TAQABBALLAHU MINNA WA MINKUM SHIYAMANA WA SHIYAMAKUM, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.
A K T U A L I T A

 

Foto acara Teknologi Tepat Guna (TTG) Kabupaten Karawang

Asisten Daerah Pembangunan Ahmad Hidayat membuka secara resmi gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Kabupaten Karawang, pada Rabu (12/4) bertempat di Lapangan Tugu Proklamasi, Kecamatan Rengasdengklok Karawang, Dalam acara tersebut, Asda II berkesempatan meninjau berbagai inovasi dan alat teknologi hasil karya masyarakat yang dipamerkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
Asda II menyampaikan, bahwa pemahaman masyarakat tentang teknologi pada saat ini harus lebih dikembangkan. Menurutnya, teknologi akan mempermudah kegiatan pembangunan dan perekonomian.
Sehingga dengan adanya kegiatan ini di harapkan masyarakat dapat mengerti dan mengetahui adanya teknologi baru yang tepat guna. Karena TTG memiliki fungsi yang sangat kuat untuk mempercepat produktifitas, dan menghemat biaya produksi.
Asda II dalam sambutannya meminta agar TTG yang sudah dihasilkan oleh masyarakat Kabupaten Karawang bisa dibina dan lebih dikembangkan, sehingga akan memiliki manfaat yang lebih luas, baik untuk industri atau masyarakat wirausaha mandiri.
"Jadi jangan sampai teknologi sederhana tepat guna yang dimiliki dan dirancang oleh masyarakat itu kemudian dibiarkan tidak ada pengembangan,” pintanya.
Asda II menambahkan kegiatan TTG ini merupakan upaya strategis dari DPMD dalam memberikan informasi teknologi yang bisa berguna untuk masyarakat dan dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Selain itu, ini juga merupakan forum untuk menggali pemikiran dalam rangka penyusunan kebijakan penerapan dan pengembangan teknologi tepat guna dalam upaya pemberdayaan masyarakat.
Pada acara TTG ini digelar berbagai stand pameran dari 30 Kecamatan, Instansi Pendidikan ataupun Karang Taruna, yang menghadirkan berbagai inovasi dan teknologi hasil karya warga masyarakat Kabupaten Karawang. seperti alat pembuat kripik, alat pemanas air hemat energi tenaga surya, dan alat pembakaran telur asin batik. Selain itu, ada juga mesin pembuat biji plastik serta peralatan lainnya untuk menunjang kegiatan pertanian dan pangan seperti mesin penggiling padi.
Pada gelaran TTG tingkat Kabupaten Karawang ini juga akan dicari hasil karya inovasi teknologi terbaik dan memenuhi kriteria TTG yang nantinya selain akan diberi piagam penghargaan dan dana stimulan, juara terbaik nanti akan dipilih untuk mewakili forum TTG tingkat Propinsi ataupun Nasional.(nna)

Sampaikan Informasi anda melalui SMS Gateway +62 858 9062 4444