Plt. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, saat memberikan Sambutan pada Kegiatan Pembinaan Kader Posyandu yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang

Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Kesehatan membentuk dan membina kader Posyandu baru, ratusan kader baru siap untuk berdedikasi di masing-masing desa. Menurut  Plt. Bupati bahwa kader kesehatan merupakan pilar pilar dan ujung tombak dalam menjalankan program pemerintahan di bidang kesehatan.  Pembinaan dilaksanakan di Gedung Sport Hall Adiarsa Karawang Barat pada Selasa (25/8).
Beliau menyampaikan bahwa sebagai pilar dan ujung tombak dalam menjalankan program pemerintahan di bidang kesehatan, Kader Posyandu senantiasa menjadi fokus perhatian Pemerintah Daerah, perlu diperhatikan juga bahwa Kesehatan termasuk dalam empat faktor prioritas dalam Visi Misi Kabupaten Karawang 2010-2015, secara khusus ada pada misi pertama Pemkab Karawang yaitu  Meningkatkan Kualitas Kehidupan Masyarakat yang Cerdas, Sehat, Berbudaya dan Religius yang Harmonis. Mengenai kadeudeuh yang selama ini diberikan dari Pemkab, saat ini hanya bersifat stimulan namun apa saja yang menjadi kebutuhan nantinya akan dipenuhi Dinas Kesehatan Karawang dari misal obat-obatan, imunisasi dan lain sebagainya, namun kadedeuh tersebut seiring waktu berjalan akan terus ditingkatkan, karena keberpihakan Pemkab kepada Kesehatan selalu menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, Pemkab ucapkan terima kasih kepada Kader Posyandu yang sudah ada dan selamat bekerja kepada Kader baru ini. Sumbangsih pikiran dan waktu kalian sangatlah berperan penting, Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi juga menurun karena peran dari Kader Posyandu.
Kepada para pelaku Kesehatan termasuk didalamnya Kader Posyandu, menurut Plt. Bupati bahwa manusia sehat itu tergantung dari empat faktor, antara lain segi keturunan pengaruhnya hanya 5%, kemudian faktor lingkungan bagaimana cara kita ciptakan lingkungan bersih sehat itu pengaruhnya 40%, selanjutnya untuk perilaku pola hidup memberi pengaruh 35 %, dan terakhir untuk layanan masyarakat dari pemkab yaitu hanya sebesar 20 %. Perlindungan masyarakat dari pemkab hanya mampu sebesar itu maka dari itu Beliau menghimbau biasakan PHBS dalam kehidupan sehari hari. Atas dasar tersebut saya sebagai Bupati menginginkan seluruh warga sehat.(IKI)