Plt. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, saat berfoto bersama dengan Rombongan dari Lembaga Persahabatan Indonesia Hamamatsu (LPIH) Jepang yang melakukan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Karawang

Keberhasilan pembangunan dan kinerja Pemkab Karawang kembali menarik minat Lembaga yang berasal dari luar negeri untuk melakukan studi banding ke Karawang, salah satunya ialah Lembaga Persahabatan Indonesia Hamamatsu dari Negara Jepang dengan tujuan pelajari mengenai apapun tentang perindustrian dan berbagai potensi yang dimiliki Karawang. Rombongan diterima oleh Plt. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana bertempat di ruang rapat Bupati Gedung Singaperbangsa, pada Rabu (23/9), hadir mendampingi Plt. Bupati yaitu Kepala Bappeda dan Kabag Humas.

Dalam sambutannya Plt. Bupati Karawang mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Negara Jepang, dr. Cellica menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Karawang sangat menyambut baik kedatangan rombongan. Hal ini karena pada kesempatan tersebut kedua belah pihak dapat saling bertukar informasi, yang selanjutnya dapat dimanfaatkan bagi kemajuan dan perkembangan di daerah masing-masing. Secara geografis kota Hamamatsu sendiri menurut informasi hampir sama dengan Karawang.

Secara ringkas Gambaran Umum Kabupaten Karawang disampaikan oleh Plt. Bupati Karawang. Menurut Beliau bahwa Karawang merupakan salah satu Kabupaten yang berlokasi di Pantai Utara Provinsi Jawa Barat yang secara administratif terbagi ke dalam 30 wilayah kerja Kecamatan, 297 Desa dan 12 Kelurahan. Dengan total luas lahan mencapai 175.327 hektar dan jumlah penduduk sampai dengan bulan Oktober 2014 mencapai 2.128.320 jiwa.

Karawang memiliki luas baku lahan sawah sekitar 97.529 hektar yang terdiri dari lahan pengairan teknis 85.513 hektar, pengairan setengah teknis 4.009 hektar, pengairan sederhana 3.620 hektar dan tadah hujan mencapai 3.952 hektar. Yang kesemuanya merupakan penunjang Kabupaten Karawang sebagai lumbung padi Jawa Barat bahkan Nasional, dengan hasil produksi mencapai 600 ribu ton per tahun untuk beras. Selain itu Karawang diberi julukan Kota Pangkal Perjuangan karena memiliki historis yang cukup panjang sejak zaman penjajahan Belanda dimana Karawang selalu dijadikan basis pertahanan dan logistik oleh Kerajaan Mataram saat melakukan penyerangan ke Batavia sebagai Pusat Pemerintahan Hindia Belanda. demikian pula menjelang Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945.

Mengenai jumlah tenaga kerja asing khususnya dari Jepang yang terdaftar di Disnakertrans Kabupaten Karawang + 1.182 orang, jumlah perusahaan jepang di Kabupaten Karawang + 148 perusahaan yang tersebar di Kawasan Industri KIIC, Kawasan KIM, Kawasan Suryacipta dan Kawasan Indotaisei Cikampek. untuk itu, kami atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Karawang mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah dan pengusaha dari Jepang yang telah menanamkan investasi dan mengembangkan usahanya di Kabupaten Karawang

Di sisi lain, terkait kunjungan kerja ini, Plt Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana mempersilahkan rombongan kunker Persahabatan Indonesia Hamamatsu dari Negara Jepang untuk mengunjungi apa saja yang ingin diketahui mengenai Karawang, Plt Bupati Karawang beserta Kepala Bappeda mengantar ke Kawasan KIIC.

Total peserta yang lakukan kunjungan kerja sebanyak 20 orang, mereka hadir ingin bertemu dengan Plt. Bupati Karawang yang dijembatani oleh Lembaga Kursus dan Perekrutan Magang Indonesia Jepang Tensai. Rombongan dipimpin oleh Tanaka Hiroji. Sebelum melakukan Visit Tour Karawang, rombongan ini menyempatkan Conference Pers di Kawasan Galuh Mas Karawang, karena dalam waktu dekat akan diadakan Karawang Japan Matsuri 2015 didalamnya terdapat kuliner, budaya kesenian semuanya tentang Jepang dan Indonesia khususnya Karawang. ( Iki )