Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, saat membuka kegiatan Musyawarah Daerah III Dewan Kesenian Karawang (DKK) Tahun 2016

Dewan Kesenian Karawang (DKK), melaksanakan Musyawarah Daerah III  dengan Tema “Optimalisasi peran Dewan Kesenian Karawang (DKK) dalam pemberdayaan dan pembinaan pelaku seni untuk perkembangan, pelestarian dan produktivitas seni budaya di Kabupaten Karawang”,  yang  di buka langsung oleh Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana, bertempat di Ballroom Hotel Swiss Bell Inn, Karawang, Selasa (27/9).
Maksud dan tujuan diselenggarakannya Musda III tersebut ialah, melaksanakan kegiatan Rutin DKK secara periodesasi, memilih dan menetapkan kepengurusan DKK,  merancang dan mengevaluasi peraturan dalam AD/ART, menciptakan iklim kebersamaan para seniman dan pelaku seni untuk saling mengenal serta menumbuhkan pemahaman kebudayaan di antara seniman serta mendorong kreativitas dan produktivitas seniman dan pelaku seni.
Dalam Musda tersebut, terdapat empat nama kandidat sebagai Ketua, antara lain; Agus Sukmana, Dicky Gumelar, Budi Setiawan dan Hendra WP.
Dalam sambutannya Bupati Karawang menyampaikan, bahwa kegiatan Musda  ini, dalam kehidupan organisasi memiliki arti penting yang wajib dilaksanakan sebagaimana diatur dalam AD/ART DKK Karawang, terutama untuk menjalin kebersamaan, mengevaluasi program kerja dan anggaran serta belanja organisasi, sehingga diharapkan dapat memperkaya dan menyempurnakan rancangan rencana kerja sesuai prioritas dan sasaran yang telah ditentukan. Rancangan rencana kerja organisasi tersebut sangat penting, karena merupakan salah satu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat melalui urutan pilihan dengan mempertimbangkan sumber daya yang ada, serta dukungan penuh dari seluruh anggota DKK. Bupati pada kesempatan tersebut mengharapkan kepada seluruh peserta Musda, agar memanfaatkan forum ini untuk menyatukan langkah dan persepsi sebagai landasan yang kuat, guna memantapkan program kerja organisasi DKK ke arah kemajuan yang lebih baik dari sebelumnya. ungkapnya
Kemudian Bupati menambahkan, bahwa Organisasi DKK merupakan wadah para pelaku seni yang siap mengoptimalkan peran dan kiprahnya untuk turut mengambil bagian dalam pembangunan seni dan kearifan budaya lokal, khususnya peningkatan derajat kesenian Karawang,  tentunya hal tersebut perlu mendapat perhatian dari seluruh elemen masyarakat, termasuk dari keluarga besar DKK itu sendiri, imbuhnya.
Dalam sambutan terpisah, Ketua Pengurus DKK Hj.Yati Mulyati,SE,MP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa DKK senantiasa berupaya melestarikan kebudayaan dan nilai–nilai seni yang ada di Kabupaten Karawang dengan menggelar acara seni budaya di Karawang dengan harapan kegiatan tersebut dapat menumbuh kembangkan rasa kecintaan warga Karawang, khususnya terhadap nilai–nilai budaya dan kesenian yang merupakan warisan leluhur, di samping kesenian yang bersifat kontemporer, karena tidak menutup kemungkinan kalau tidak ada upaya pelestarian, seni dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Karawang akan punah, ini terbukti dengan keberadaan pelaku seni di bidang itu sudah mulai menurun. Mudah mudahan dengan upaya yang sudah dilaksanakan dapat tercapai sesuai dengan tujuan dan cita–cita serta harapan bersama warga Karawang dibidang Kebudayaan dan Kesenian. Tandasnya.
Hadir dalam kesempatan tersebut Kadisbudpar Kabupaten Karawang, H.Okih Hermawan,Sos, MM, Ketua LSM Lodaya Nace Permana serta undangan lainnya. (@opa)