Sekda Kabupaten Karawang H. Teddy Rusfendi Sutisna, menyampaikan arahannya dalam kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola Pendidikan Non Formal yang diselenggarakan oleh Bagian YANSOS Setda Kabupaten Karawang

Sekda Kabupaten Karawang H. Teddy Rusfendi Sutisna menghadiri sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola Pendidikan Non Formal yang diselenggarakan oleh Bagian YANSOS Setda Kabupaten Karawang, pada Rabu (14/6)  bertempat di Laboratorium SPMA Karawang, Rabu (14/6). 

Turut hadir dalam acara tersebut Kabag Yansos Drs. Matin Abdul Rajak, Kasubdit Kelembagaan dan Kemitraan PAUD Moh. Nuch. Rahardjo, perwakilan dari guru-guru TK dan PAUD Se Kabupaten Karawang.

Dalam sambutannya Sekda Kab.Karawang menghimbau kepada Bapak/Ibu Guru untuk mengawasi dan memberikan pendidikan karakter kepada siswa/i, untuk menciptakan siswa/i yang berbudi pekerti, tidak terjerumus kepada pergaulan bebas dan hal-hal yang negatif  lainnya. Mengingat kehidupan sekarang yang sudah jauh dari budi pekerti, serta kondisi keluarga yang sudah banyak berkurang perannya dalam mendidik anak-anak sehingga anak-anak melupakan tata krama dan budi pekerti. Maka dari itu Bapak/Ibu guru harus mengambil peran dari tugas tersebut agar menciptakan bagaimana Indonesia ini menjadi lebih menanamkan budi pekerti yang sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia.

Kemudian Sekda Kabupaten Karawang menyampaikan ada Sembilan Pilar Karakter untuk Bapak/Ibu guru agar diterapkan kepada siswa/i nya. Adapun Sembilan Pilar tersebut adalah ; 1) Cinta Tuhan dengan segenap cinta; 2) Kemandirian dan bertanggung jawab; 3) Kejujuran atau amalan yang diplomatis; 4) Hormat dan santun; 5) Dermawan serta suka menolong dan gotong royong bersama; 6) Percaya diri dan kerja keras; 7) Kepemimpinan dan keadilan; 8) Baik dan berbakti melatih kedisiplinan karakter ; dan yang terakhir 9) Toleransi akan perdamaian. 

Di akhir sambutannya Beliau mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru TK dan PAUD Kab. Karawang atas pengabdiannya selama ini serta alat-alat pemerintah yang telah bekerjasama demi mencapai kemajuan bangsa, dan Pelatihan Peningkatan Kapasistas Pengelola Pendidikan Non Formal yang dilaksanakan dua hari kedepan dapat memberikan motivasi untuk Bapak/Ibu guru memberikan pendidikan karakter serta budi pekerti kepada siswa/siswi. (Dien)