Plt. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, saat memberikan sambutan pada kegiatan Paten Keliling Tahun 2015 di Kecamatan Tirtajaya

Sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Karawang menyelenggarakan kegiatan Optimalisasi Pelayanan Publik Terpadu Keliling di setiap kecamatan se Kabupaten Karawang, bertempat di Kantor Kecamatan Tirtajaya pada  Rabu (20/5) dilaksanakan kegiatan Paten Keliling Tahun 2015. Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Karawang dr Cellica Nurrachadiana turut meninjau langsung penyelenggaraan pelayanan publik tersebut.
Kegiatan Optimalisasi Pelayanan Publik Terpadu Keliling sendiri merupakan implementasi dari Surat Mendagri Nomor 503/506/SJ, tanggal 28 Januari 2015 Perihal Optimalisasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Daerah, yang diselenggarakan dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan publik yang mudah bagi masyarakat hingga ke tingkat Kecamatan, Pelayanan Publik Terpadu sendiri telah diagendakan Pemkab Karawang untuk digelar secara rutin seminggu tiga kali yaitu pada hari Senin, Rabu dan Jum'at
Menurut Plt. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, kegiatan ini adalah sebuah upaya Pemerintah Kabupaten Karawang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik sekaligus mendekatkan berbagai layanan publik kepada masyarakat di tingkat Kecamatan.Dengan demikian, masyarakat di pelosok Kecamatan tidak perlu lagi datang ke kota untuk mengurus berbagai administrasi yang diperlukan. “Mudah-mudahan hal ini benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelasnya.
Antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk memanfaatkan berbagai jasa pelayanan yang ada. Salah satunya adalah layanan kependudukan yang diselenggarakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dalam layanan ini, masyarakat dapat membuat dan memperpanjang berbagai administrasi kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran dalam tempo singkat dan mudah.
Pelayanan lain diberikan oleh Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Karawang, yang menyediakan stand khusus guna menyelenggarakan berbagai layanan perijinan yang cepat dan mudah. Sementara dari pihak BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan turut menyediakan layanan pendaftaran BPJS bagi masyarakat. Tak ketinggalan dari Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, yang turut menyediakan mobil dan ruangan khusus untuk Pelayanan KB bagi masyarakat.
Di lokasi yang sama, Polres Karawang turut menyediakan mobil layanan SIM Keliling yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang ingin memperpanjang SIM. Sedangkan bagi yang ingin memperpanjang STNK kendaraan, turut disediakan pula mobil layanan Samsat Keliling. Mobil layanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) milik Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) turut terlihat di lokasi yang sama.
Guna mempermudah sekaligus menciptakan transaksi yang transparan, Bank BJB Cabang Karawang turut menyediakan mobil layanan perbankan untuk memudahkan pembayaran SIM, STNK, dan juga PBB. Selain itu, upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat yang tengah memanfaatkan berbagai layanan yang ada, pihak Pemerintah Daerah pun turut menyediakan berbagai hiburan seni tradisional yang diharapkan dapat mengusir rasa bosan dalam antrian.
Di sisi lain momentum kegiatan optimalisasi pelayanan publik terpadu kecamatan, ada kegiatan sosialisasi oleh  Kantor Imigrasi Karawang mengenai masalah keimigrasian seperti pembuatan paspor. Sosialisasi ini sendiri dirasakan cukup penting, mengingat banyak masyarakat Kabupaten Karawang yang sedang dan akan bekerja di luar negeri, sehingga membutuhkan penjelasan mengenai berbagai layanan dokumen keimigrasian.