Plt. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, saat menyerahkan secara simbolis Satya Lencana dari Presiden RI kepada salah seorang Perwakilan PNS

Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang saat ini patut berbangga diri. Bagaimana tidak, di hari terakhir menjelang diselenggarakannya upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 70, sebanyak 317 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Karawang dianugrahkan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya Presiden Republik Indonesia, yang penyerahannya dilakukan secara simbolis oleh Plt.Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana di sela-sela acara Riung Mungpulung Perintis Kemerdekaan di Aula Husni Hamid, Pemda Karawang, Jumat (15/8).
Plt.Bupati dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa pada kesempatan ini, akan dianugrahkan tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya kepada 317 orang PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang, sebagaimana Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 62/Tk/2012 tanggal 26 Agustus 2012. ”Penganugrahan ini merupakan penghargaan dari pemerintah kepada para Pegawai Negeri Sipil yang telah mengabdikan diri demi kepentingan bangsa dan negara, dan mengesampingkan kepentingan pribadi dan keluarganya,” ujarnya.
Untuk itu, kepada para penerima penghargaan ini, Bupati atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah mengucapkan selamat atas keberhasilan tersebut, mudah-mudahan dengan diserahkannya penghargaan ini, saudara tidak berpuas diri, melainkan terus meningkatkan kinerja dalam mengemban tugas. ”Selain itu, saya juga berharap agar penghargaan ini juga dapat memotivasi rekan-rekan Pegawai Negeri Sipil lainnya, untuk tetap semangat bekerja sehingga dapat meraih anugerah yang sama,” harapnya.
Di sisi lain, Plt.Bupati menjelaskan bahwa dalam rangka menyongsong peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan, Pemerintah Daerah selalu menyelenggarakan kegiatan Riung Mumpulung. Hal ini merupakan wujud nyata untuk memberikan penghargaan kepada perintis kemerdekaan atas jasa dan pengabdiannya kepada bangsa, negara dan tanah air sesuai dengan batas-batas kewajaran dan kemampuan yang ada. ”Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan, agar menjadi motivasi bagi generasi penerus perjuangan bangsa untuk mewarisi jejak dan langkah terpuji dari para pendahulunya,” jelasnya.
Untuk itu, Plt.Bupati berharap kepada para pinisepuh yang telah mengalami pahit getirnya perjuangan, untuk dapat mewariskan jiwa dan semangat juang tersebut sehingga generasi penerus terdorong kesadarannya untuk tetap mencintai bangsa dan negara melalui partisipasi aktif mengisi kemerdekaan ini dengan kegiatan pembangunan di segala bidang. ”Tidak ada artinya kemerdekaan tanpa di isi dengan pembangunan yang bermanfaat bagi kepentingan hajat hidup orang banyak.
Selain itu, dirinya juga mengajak kepada para pinisepuh, pejabat, pemuka agama, tokoh masyarakat, pemuda dan komponen masyarakat lainnya, agar terus meningkatkan kerjasama, bahu membahu, menyingsingkan lengan baju, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing untuk berpartisipasi membangun Karawang yang kita cintai ini. Terutama dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram, tertib, damai dan sejahtera lahir-batin.