Bupati Karawang H. Ade Swara, saat melaksanakan kegiatan Tarawih Keliling

Kegiatan Tarawih Keliling (Tarling) yang rutin dilakukan oleh Pemerintah Kab. Karawang melalui Bagian Kesra Setda setiap bulan suci Ramadhan kembali digelar. Kegiatan Tarling ini seperti biasa yang dipimpin langsung oleh Bupati Karawang H. Ade Swara, dimulai di Masjid Agung Karawang, Jumat (28/6),dan pada Senin Malam (30/6) Bupati mengunjungi Masjid Madarul Istiqomah yang berlokasi di Desa Cinta Asih Kecamatan Pangkalan, dan selanjutnya direncanakan disepuluh titik lainnya di Kabupaten Karawang. Tarling didua titik awal tersebut dihadiri oleh ratusan masyarakat Kab. Karawang. 

Bupati Karawang H. Ade Swara dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh masyarakat Kab. Karawang untuk bersama-sama mengucapkan syukur kepada Allah SWT, karena pada hari ini, kita semua telah diberi kesempatan untuk dapat dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan. “Untuk itu, mengawali kegiatan ini mari kita bersama-sama mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena telah diberikan kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan suci ini dan menjalan ibadah puasa,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa “Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang sungguh luar biasa bila dibandingkan dengan bulan–bulan lainnya, dimana dengan menyambutnya dan bersukacita, maka itu merupakan perbuatan ibadah, dan Allah menjanjikan pahala yang berlimpah kepada kita. “untuk itu mari kita sambut bulan suci ini dengan penuh kegembiraan, dan mengisinya dengan beribadah, melakukan perbuatan yang mulia, dan menjalankan aktifitas yang bermanfaat,” ajaknya.

Bupati melanjutkan bahwa dirinya atas nama pribadi dan jajaran Pemkab Karawang menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besar kepada seluruh masyarakat Kab. Karawang. Tentunya memasuki momentum bulan Ramadhan ini, hendaknya diiringi dengan hati yang ikhlias dan bersih, serta tidak menyimpan pikiran yang buruk diantara sesama. “Terakhir, mari kita masuki Ramadhan ini, dimana beberapa hari lagi akan dilaksanakan Pilpres yaitu pada 9 Juli 2014, mari kita pilih salah satu calon Presiden RI dari calon yang ada, semoga Allah SWT meridhoi dan nantinya yang terpilih adalah orang yang terbaik dan bisa mensejahterakan Bangsa Indonesia. Saat ini perekonomian Bangsa Indonesia 10 Besar di dunia namun aplikatif ke masyarakat belum dan kita sambil berharap semoga dimulai tahun ini ada pemimpin yaitu Presiden yang bisa aplikasikan Perekonomian yang bagus ke masyarakatnya, ingat memilih itu wajib, bila tidak memilih sangat berpengaruh, oleh karena itu mari kita bersama-sama pada tanggal 9 Juli 2014 melaksanakan pemberian suara guna Pemilihan Presiden, kita harus berpartisipasi” tambahnya.

Sementara itu, berdasarkan data resmi dari Pemerintah Kabupaten Karawang, Kegiatan Tarling Muspida akan difokuskan disepuluh titik utama, dimana masing-masing titik mencakup tiga kecamatan disekitarnya. Dua belas titik tersebut antara lain adalah pertama Masjid Agung Karawang Kec. Karawang Barat; Masjid Madarul Istiqomah  Kec. Pangkalan mencakup Kec Tegalwaru Kec. Telukjambe Barat; Masjid Nurul Iman Desa Segarjaya Kec. Batujaya mencakup Kec. Pakis Jaya dan Kec. Tirtajaya; Masjid Al Iklas Desa Karangsinom Kec Tirtamulya mencakup Kec Tempuran dan Kec. Lemahabang; Masjid Al Ittihad Desa Kiara Kec. Cilamaya Kulon mencakup Kec. Cilamaya Wetan dan Kec. Banyusari; Masjid Al Muhajirin Perum Purwasari Permai Desa Purwasari Kec. Purwasari mencakup Kec. Klari dan Kec.. Ciampel; Masjid Besar As Salam Desa Mekarsari Kec. Jatisari mencakup Kec. Cikampek dan Kec. Kotabaru; Masjid Khusnul Hotimah Desa Makmurjaya Kec. Jayakerta mencakup Kec. Cibuaya dan Kec. Pedes; Masjid Nurul Falah Desa Karyasari Kec. Rengasdengklok mencakup Kec. Kutawaluya dan Kec. Cilebar; Masjid Goyatul Jihad Desa Pasir Talaga Kec. Telagasari mencakup Kec. Karawang Timur dan Kec. Rawamerta; Masjid Raya Ar Rahmah Perum CKM Ds. Bengle Kec. Majalaya mencakup Kec. Telukjambe Timur dan Kec. Karawang Barat; dan terakhir Masjid Al-Jihad By Pass Kec. Karawang Barat.

Pada tiap titik yang dikunjungi, Bupati Karawang akan memberikan bantuan dari Badan Amal Zakat (BAZ) Sebesar Rp. 2.5 Juta dan hanya dua belas titik yang dikunjungi Bupati, sedangkan tiap titik masjid terpilih sebanyak 30 Kecamatan akan mendapatkan bantuan dari Bupati Karawang bersumber dari APBD Kab. Karawang yang di alokasikan di Bagian Kesra Setda Kab. Karawang berupa alat kelengkapan Mesjid berupa Sound System dan Water Blower Kipas Angin besar sebanyak 2 buah, simbolis dilakukan usai ibadah Solat Tarawih.