Mengsinkronkan data di seluruh Kabupaten Karawang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Karawang menggelar workshop Satu Data Indonesia tingkat daerah yang bertempat di Hotel Akshaya, Telukjambe Timur, Selasa (10/12).

Diskominfo Gelar Workshop Satu Data Indonesia

Karawang, - Mengsinkronkan data di seluruh Kabupaten Karawang, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Karawang menggelar workshop Satu Data Indonesia tingkat daerah yang bertempat di Hotel Akshaya, Telukjambe Timur, Selasa (10/12).

Dalam workshop ini para peserta diikuti 32 OPD dan 7 instansi sektoral. Untuk narasumber dari Diskominfo Provinsi Jabar dan BPS Karawang serta Bapeda Kabupaten Karawang.

Kabid PIP Diskominfo Karawang, Acep Karimulah mengatakan, program Satu Data Indonesia sesuai dengan Perpres no. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, yang memasukkan BPS sebagai pembina. Dalam hal ini terbagi 3 statistik yaitu dasar, sektoral dan khusus.

"Untuk statistik sektoral digunakan pemerintah daerah tentang perencanaan pembangunan. Yang data-datanya berasal dari setiap-setiap OPD dan instansi vertikal untuk kepentingan pemerintah pusat dan daerah guna kepentingan publik," katanya.

Lanjut dia, bahwa dengan Satu Data Indonesia bisa mengsinkronkan data di seluruh Indonesia khususnya Kabupaten Karawang. Dan data tersebut mudah dipergunakan, misalkan instansi satu membutuhkan data instansi lagi bisa digunakan dengan cepat. Bahkan masyarakat yang ingin mengetahui data Pemda Karawang juga bisa mengaksesnya.

"Untuk data statistik yang sudah lengkap baru ada 11 OPD/instansi dan sisanya bisa menyusul setelah kegiatan ini. Nanti di triwulan ketiga di Tahun 2020, data yang sudah lengkap tiap-tiap OPD yang sudah di analisis dapat di publikasi di website, media cetak sehingga masyarakat bisa mengetahuinya," ungkapknya. (diskominfo)

-------------------------------------------------------
Follows Media Kominfo Official :

Fb : Kominfo Karawang/Diskominfokrwkab
IG : @Diskominfokrwkab 
Twitter : @Diskominfokrwkab 
Website : www.karawangkab.go.id