Kapolres Karawang bersama Pj. Bupati Karawang, saat memeriksa Barisan pada HUT Satuan Pengamanan (Satpam) ke 35 Tingkat Kabupaten Karawang Tahun 2015

Polri sebagai alat negara yang bertanggung jawab dalam menciptakan dan memelihara stabilitas keamanan dalam negeri harus mengidentifikasi, mencegah dan menanggulangi berbagai kerawanan yang dapat terjadi akibat dampak berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini. Sehingga tugas dan tanggung jawab yang diemban, tidak dapat bekerja sendiri. Polri memerlukan dukungan dan peran serta semua keamanan termasuk Satuan Pengamanan (Satpam) sebagai bentuk pengamanan swakarsa yang berperan sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.
Sejalan dengan hal tersebut, pemberlakuan MEA ini akan menjadi peluang sekaligus tantangan bagi keamanan Bangsa Indonesia, yang mana munculnya berbagai potensi ancaman dan gangguan Kamtibmas, harus diantisipasi dan dikelola dengan baik sehingga menjaga stabilitas Kamtibmas.
Kapolres Karawang membacakan sambutan Kapolri menyampaikan bahwa, dalam pelaksanaannya Satpam dapat memberikan kontribusi yang positif untuk mendukung upaya pemeliharaan Kamtibmas, dengan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personal, iformasi dan pengamanan teknis lainnya.
Selanjutnya Kaplores Karawang memberikan apresiasi terhadap berbagai upaya bersama yang telah dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan personel Satpam serta berbagai pelatihan dan simulasi telah diberikan kepada personel satpam agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam mengahadapi situasi Kamtibmas. Sehingga fokus perhatian yang tidak boleh diabaikan dalam peningkatan hubungan komunikasim koordinasi, dan kerja sama antara Badan Usaha Jasa Pengamanan dengan Satuan Kewilayahan Polri, maupun antara anggota Satpam dengan petugas Kepolisian dilapangan.
Terakhir Kapolres mengharapkan bahwa, dengan upaya peningkatan profesionalitas anggota satuan pengamanan harus diikuti dengan peningkatan sisi integritas setiap anggota satuan pengamanan, yang diperkuat melalui pembinaan dan pengawasan yang efektif serta berkesinambungan oleh Polri dan BUJP, sehingga satuan pengamanan akan mampu melaksanakan tugasnya secara baik.
Peringatan HUT Satuan Pengamanan ke 35 mengambil tema “Kita Tingkatkan Kompetensi Profesi Satpam Indonesia melalui Pendidikan Yang Berkualitas Dalam Meghadapi Masyarakat Ekonomi Asean”, upacara tersebut dilaksanakan pada Rabu (30/12) bertempat di Lapangan Karangpawitan, serta di hadiri oleh Penjabat Bupati Karawang Ir. Deddi Mulyadi, TNI-Polri, Dishubkominfo, Pramuka, seluruh anggota Satuan Pengamanan dan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Karawang. (@gala)