Karawang, - Penggunaan masker dalam waktu lama sering membuat kita tidak merasa nyaman saat melakukan aktifitas sehari-hari. Salah satu yang banyak dirasakan masyarakat yaitu problem bau mulut yang banyak dialami saat menggunakan masker dalam waktu lama. Juru Bicara Satgas Covid-19 dr. Fitra Hergyana memiliki tips khusus kepada masyarakat Karawang untuk mengatasi bau mulut.

Menurut Fitra, penggunaan masker saat pandemi Covid-19 merupakan hal penting yang harus dilakukan masyarakat. Hanya saja memakai masker dalam waktu lama dapat menimbulkan bau mulut. Oleh karena itu ada beberapa hal yang harus dilakukan agar mulut tetap segar meski tetap menggunakan masker. "Ada tips khusus yang harus dilakukan masyarakat agar mulut kita tetap segar sepanjang hari," kata dr. Fitra, Kamis (22/10/20).

Fitra mengatakan ada tip yang harus dilakukan yaitu minum air putih yang cukup, tidak merokok, dan rutin sikat gigi untuk mengusir bakteri pemicu bau mulut. Selain itu perlu juga menghindari makanan-minuman pemicu bau mulut, seperti bawang dan kopi. "Kalau memng sempat bisa berkumur dengan obat kumur atau mengunyah permen karet," ucapnya.

Selain itu, kata Fitra, ada tiga jenis masker untuk mencegah penularan Covid-19. Pertama masker bedah yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan atau orang yang sakit. Kedua masker N95 yang digunakan hanya untuk tenaga kesehatan yang menangani pasien dengan risiko infeksius yang tinggi. Masker ini juga digunakan oleh dokter keperawatan dan gigi.

Ketiga masker kain. Masker ini dapat digunakan oleh masyarakat saat berada di tempat umum dan berinteraksi dengan orang lain. Masker kain sebaiknya dibuat dengan bahan minimal tiga lapis. "Masker harus dicuci secara rutin dan diganti ketika mulai basah. Selain itu, jangan sampai masker yang kita gunakan tidak memenuhi standar," Fitra.




Halo wargi Karawang, untuk informasi lebih lengkap. Wargi bisa akses melalui web berikut :
covid19.karawangkab.go.id

Data tersebut silakan digunakan wargi untuk proaktif agar saling mengingatkan untuk menjaga diri dan mengurangi interaksi sosial di zona merah dan hitam, tanpa reaksi sosial berlebihan.

KITA HARUS TETAP TENANG, TINGKATKAN KEWASPADAAN, DAN SELALU TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN 3M:
- MENJAGA JARAK
- MENCUCI TANGAN
- MEMAKAI MASKER


Follow Kominfo Official Media at
Diskominfokrwkab
@Diskominfokrwkab
@Diskominfokrwkab
www.karawangkab.go.id, www.diskominfo.karawangkab.go.id