Karawang, - Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh memimpin rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Karawang di Ruang Rapat Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang, Kamis 29 April 2021 siang.

Peserta yang hadir dalam rapat tersebut adalah Staf Ahli, dan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD). Dalam rapat tersebut hadir juga secara virtual yakni konsultan dari lembaga independen untuk penanggulangan kemiskinan.

Rapat tersebut bertujuan untuk dapat merumuskan program dalam menekan angka kemiskinan, meningkatkan IPM dengan memperhatikan kajian kemiskinan sehingga program dapat berjalan tepat sasaran.

Wabup mengatakan, secara kemampuan, seluruh dinas teknis mampu menjalankannya dengan baik. Namun, untuk pelaksanaannya, ia mengharapkan adanya komunikasi yang kuat serta saling mendukung, agar upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat dapat tercapai maksimal.

"Tadi disampaikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, ketika diminta data kependudukan, sekarang kita minta, besok sudah siap. Artinya ini ada kesiapan dari OPD. Tinggal kita perkuat komunikasinya agar tim ini bisa bekerja maksimal," ujar H. Aep.

Dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Pertanian Karawang, Hanafi Chaniago mengatakan, dari data angka kemiskinan di Karawang, salah satu profesi yang paling banyak terdata adalah petani. Oleh karena itu, ia mengusulkan beberapa usulan agar penguatan program di sektor pertanian untuk diperhatikan.

"Kami sangat berharap dan ingin meningkatkan taraf hidup para petani," ujar Hanafi.

Wabup Aep juga menanyakan program-program yang disiapkan oleh beberapa dinas untuk penanggulangan kemiskinan. Diantaranya adalah Dinas Pendidikan, Dinas Pertanian, Dinas Sosial dan lainnya. (diskominfo)