img
  • SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H, TAQABBALLAHU MINNA WA MINKUM SHIYAMANA WA SHIYAMAKUM, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.
A K T U A L I T A

 

Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana bertindak sebagai Pemimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Karawang

Pemerintah Kabupaten Karawang gelar peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) Tahun 2017 pada Selasa (2/5), bertempat di Lapang Karawangpawitan Karawang. Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana bertindak sebagai Pemimpin Upacara, adapun tema Hardiknas Tahun 2017 yaitu  Percepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas. Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari, Jajaran FORKOMINDA, Sekretaris Daerah, Asisten Daerah Lingkup Setda, Staff Ahli, para Kepala Perangkat Daerah (PD), Camat dan Lurah.

Rangkuman sambutan dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia (KEMENDIKBUD RI) yang dibacakan oleh Bupati Karawang berisi tentang kualitas pendidikan yang harus ditingkatkan agar seluruh lapisan masyarakat dapat menjangkau pendidikan yang berkualitas sebagaimana yang diamanatkan oleh UUD 1945, dapat terwujud. 

Selanjutnya atas nama Pemerintah Kabupaten Karawang, Bupati Karawang menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan di tanah air. 

Kegiatan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei yaitu untuk mengenang tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara yang dilahirkan pada tanggal 2 Mei tahun 1889. Maka tanggal kelahiran beliau inilah yang dijadikan sebagai dasar peringatan Hari Pendidikan Nasional dan disepakati sebagai Bapak Pendidikan Nasional. 

Beberapa  pandangan pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah:

1. Panca Dharma yaitu pendidikan perlu beralaskan lima dasar yaitu,  kemerdekaan,  kodrat alam,kebudayaan,  kebangsaan,  dan kemanusiaan.

2. Kon-3 yaitu bahwa penyelanggaraan pendidikan harus berdasarkan asas kontinuitas,  konvergensi,  dan konsentris.

3. Tri-pusat Pendidikan yaitu pendidikan berdasarkan lingkungan keluarga,  sekolah,  serta masyarakat yang saling berhubungan simbiotisi dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Dalam rangka mewujudkan visi tersebut,  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bersiap melakukan Reformasi Pendidikan Nasional baik pada tataran konseptual maupun manajerial. Untuk tujuan itu, sekarang tengah diupayakan penyelarasan, penyatuan,  dan pembauran bidang kebudayaan dengan pendidikan.

Dalam mengakhiri sambutannya Bupati Karawang mengajak kepada para seluruh insan pendidikan untuk bersama-sama menggerakan reformasi pendidikan nasional demi kemajuan dan keunggulan pendidikan nasional khususnya di Kabupaten Karawang. (Dien).

 

Sampaikan Informasi anda melalui SMS Gateway +62 858 9062 4444