img
  • SELAMAT HARI JADI KABUPATEN KARAWANG KE 384, KARAWANG CAMPERNIK
A K T U A L I T A

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang H. Teddy Rusfendi Sutisna, saat penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dengan PT. Pupuk Kujang

Untuk mengoptimalisasikan pelaksanaan kerjasama antar daerah serta pemahaman terkait regulasi bidang kerjasama, Bagian Kerjasama Setda  Pemerintah Kabupaten Karawang melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Kerjasama Daerah Kabupaten Karawang tahun 2017 bertempat di Hotel Swiss Bell - In, Rabu (10/5).

Acara sosialiasi tersebut di buka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang H. Teddy Rusfendi Sutisna, namun sebelum mengawali sambutannya, menyempatkan untuk melakukan pengecekan satu persatu kehadiran para peserta sosialisasi, terutama para Kepala Perangkat Daerah (PD). Hal ini dilakukannya, untuk terus menanamkan rasa disiplin kepada mereka, karena kedisiplinan merupakan bagian dari kinerja para Kepala Perangkat Daerah tersebut yang dapat berpengaruh terhadap penilaian Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi (KemenPAN - RB).

"Kepala Perangkat Daerah tolong cek semua, karena ini kegiatan yang termasuk kedalam pemotongan TPP jika tidak hadir tanpa alasan yang jelas,"ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah atas nama Pemerintah Kabupaten Karawang juga mengapresiasi peserta sosialisasi dan para narasumber yang sudah berkenan hadir untuk memberikan materi.

Ia mengatakan bahwa Forum sosialisasi ini sangat penting dan strategis sebagai salah satu upaya pelayanan publik yang dimungkinkan masuk kategori kerjasama antar daerah.

Sehingga dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, daerah dapat mengadakan kerjasama dengan pihak lain yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik, sinergi dan saling menguntungkan

“Keberadaan kerjasama, baik antar daerah maupun dengan pihak lain menempati posisi sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan daerah dan menjadi suatu kebutuhan bagi Pemerintah dalam upaya mewujudkan program-program pembangunan daerah," tegasnya.

Disampaikannya, bahwa tujuan dilaksanakan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada aparatur tentang kerjasama antar daerah serta dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masarakat dan penyelenggaraan pelayanan publik. 

"Selama ini kerja sama daerah itu dilakukan masing-masing tanpa tersosialisasi, jangankan Bupati bahkan Sekda saja tidak tahu, Sehingga kerjasamanya itu sendiri tidak berjalan optimal,"katanya.

Bahkan menurutnya, dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, daerah dapat mengadakan kerjasama dengan pihak luar negeri, untuk menjalin ikatan dalam usaha memecahkan masalah atau untuk mewujudkan kepentingan bersama dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. 

Ditambahkannya, Kerjasama Daerah antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Daerah lain dan pihak di luar Negeri adalah juga dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Sekda juga menjelaskan, bahwa tujuan kerjasama adalah memfasilitasi kerjasama berbagai bidang seperti masalah perkotaan, sosialisasi ekonomi, perkotaan antar wilayah dan permasalahan lainnya, serta memperkuat dan meningkatkan peranan dari pemerintah daerah dalam pelayanan masyarakat, meningkatkan standar pelayanan umum, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memecahkan masalah yang dihadapi pemerintah daerah. 

Sedangkan manfaat kerjasama ini lanjutnya, adalah mendorong tumbuhnya prakarsa dan peran aktif pemerintah daerah, masyarakat dan swasta , serta meningkatkan optimalisasi pengelolaan potensi daerah . 

 “Saya harap melalui kegiatan ini, peserta dapat menambah wawasan dan memiliki kesamaan pemahaman untuk mengatasi masalah yang belum terselesaikan serta mampu memanfaatkan kerja sama daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,"ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi di tutup dengan  penandatanganan perjanjian kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dengan PT. Pupuk Kujang serta Keanekaragaman Hayati,  yang  dilakukan antara Plt. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karawang Dedi Ahdiat dengan perwakilan PT. Pupuk Kujang yang disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang H. Teddy Rusfendi Sutisna.

Penandatangan Kerja Sama juga dilakukan antara Universitas Indonesia dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. (Nna)

 

3 Tahun Kerja bersama

Sampaikan Informasi anda melalui SMS Gateway +62 858 9062 4444