Ketua TP. PKK Kabupaten Karawang Hj. Nurlatifah, saat menghadiri Sosialisasi Pengembangan Bina Keluarga Balita

Guna meningkatkan wawasan, keterampilan dan peran Kader BKB dalam pembinaan kelompok, juga meningkatnya cakupan anggota BKB, serta berjalannya dinamika kelompok BKB, kaitan hal tersebut Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) gelar Sosialisasi Pengembangan BKB Paripurna/Holistik Integratif yang dibuka secara langsung oleh ketua TP PKK Hj. Nurlatifah Swara di Kampus Diklat Karawang, Rabu (26/3).
Mengawali sambutannya Hj.Nurlatifah menyampaikan, dalam rangka meningkatkan kualitas gerakan PKK di Kabupaten Karawang, keikutsertaan melaksanakan Pembangunan Nasional diperlukan pengelolaan gerakan PKK yang didukung oleh sumber daya yang lebih berdaya guna dan berhasil guna, khususnya para kader PKK nanti di lapangan. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Karawang melalui BKBPP dalam melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengembangan BKB di Kabupaten Karawang, sebagai upaya mengurangi balita yang mengalami gizi buruk, perkembangan terlambat, kecerdasar kurang  serta meningkatkan kualitas kinerja para kader agar lebih professional” ucapnya.
Lanjutnya, dengan masalah tersebut diatas, maka penanganan permasalahan Balita perlu dilakukan secara menyeluruh dan terpadu, yakni mencakup aspek perawatan, kesehatan dan gizi, aspek pendidikan serta pengasuhan dan harus dilaksanakan secara terintegrasi dengan beberapa sektor Dinas/Instansi terkait” imbuhnya.
Namun demikian menurut Hj.Nurlatifah, pembangunan sumber daya manusia merupakan prioritas utama  yang indikasikan melalui tiga bidang yakni pendidikan, kesehatan dan perekonomian atau lebih dikenal Dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dimana program peningkatan kualitas sumber daya manusia berkaitan erat dengan program peningkatan ketahanan keluarga, sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah telah menetapkan kebijakan bidang ketahanan keluarga dalam program kependudukan khususnya program Keluarga Berencana Nasional, yaitu keluarga yang sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab, harmonis, dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa” ungkapnya.
Terakhir Hj.Nurlatifah menyampaikan,  melalui kegiatan program BKB paripurna ini yang berintegrasi dengan Posyandu dan PAUD diharapkan para Balita yang ada di Kabupaten Karawang mendapatkan perawatan, kesehatan, pendidikan dan pengasuhan yang maksimal sehingga akan menjadi generasi yang tangguh dan mempunyai akhlak dan budi pekerti yang baik” harapnya.
Sementara itu menurut data yang dihimpun dari panitia penyelenggara, Sosialisasi ini dilaksanakan hanya satu Hari yang diikuti oleh 90 Kader BKB dari 30 Kecamatan, adapun mengenai metode sosialisasi yaitu, ceramah, curah pendapat, tanya jawab, dan pemecahan masalah, untuk narasumber berasal dari BKBPP Kabupaten Karawang.  (@opa)